Berita

Israel Perluas Koloni Permukiman Yahudi di Tanah Warga di Jenin

Pasukan penjajah Israel mulai memperluas koloni permukiman Yahudi dengan mengorbankan tanah warga di sebelah barat kota Ya’bud di Jenin, wilayah utara Tepi Barat.

Kepala Dewan Desa Dzahrul ‘Abd, Tariq Amarinah, mengatakan bahwa pasukan penjajah Israel mulai membangun koloni permukiman di tanah warga di Khirbat Massoud, sebelah barat kota Ya’bud, beberapa bulan lalu. Dia menyatakan bahwa otoritas penjajah Israel membawa pemukim Yahudi dengan dalih sebagai penggembala. Kemudian buldoser-buldoser penjajah Israel mulai membuat jalan dan membangun karavan serta saluran air dan listrik, untuk membangun koloni permukiman baru di tanah warga.

Dia menyatakan bahwa otoritas penjajah Israel terus memperluas koloni permukiman dengan mengorbankan tanah warga, dan membawa pemukim Yahudi lain ke koloni permukiman tersebut.

Amarinah mengimbau pentingnya memantau masalah ini di semua tingkatan dan perlunya memberikan dukungan material dan moral kepada masyarakat Khirbet Massoud agar mereka teguh bertahan di tanah mereka, terutama di tengah-tengah derita sehari-hari yang mereka hadapi akibat tindakan pasukan penjajah Zionis dan para pemukim Yahudi.

Pemerintah penjajah Israel, pada hari Ahad (16/6/2019), telah menyetujui pembongkaran ribuan pohon zaitun milik warga Palestina yang terletak di antara pintu masuk barat ke kota Tekoa dan pintu masuk ke desa Minya, sebelah tenggara Betlehem.

Kepala Biro Perlawanan Tembok dan Permukiman di Betlehem, Hassan Bureijia, mengatakan bahwa perintah itu mencakup penebangan pohon zaitun sepanjang 1.600 meter dan lebar 50 meter, total 80 acre, dan akan dibongkar sekitar 2.000 pohon zaitun karena dalih keamanan.

Patut dicatat bahwa pasukan penjajah Israel baru-baru ini meningkatkan tindakan sewenang-wenangnya terhadap kota Teqoa, seperti penyitaan tanah, penutupan pintu masuk utama, serta penangkapan sejumlah anak dan remaja. (was/pip)

Sumber: Melayu Palinfo

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *