Berita

Israel Kembali Tangkap Penyandang Disabilitas di Isawiyah

Palestina Terjajah – Senin yang lalu (12/08/2019) pasukan penjajah tentara Israel kembali menangkap seorang warga Palestina yang berkebutuhan khusus (disabilitas) yang tinggal di daerah Isawiyah Al-Quds, Palestina. Menurut Ketua Komite Pemantau HAM yang berada di Isawiyah, Muhammad Abu Homs, pasukan tentara zionis menangkap seorang warga disabilitas bernama Jarah Muhammad Ali Naser yang berusia 40 tahun, setelah sebelumnya dilakkukan penggerebakan dan pengeladahan di rumahnya. Abu Homs sendiri ialah seorang warga Palestina yang disabilitas sejak lahir, ia mengalami kelumpuhan di setengah badannya.

Sebelumnya, pasukan tentara Israel ini terus meningkatkan pemeriksaan di pos-pos militer mereka baik di pintu masuk kota selatan Betleham serta pintu masuk ke desa-desa dan kota-kota sebelah barat. Bahkan dalam dua hari terakhir ini, tentara penjajah Israel melakukan penangkapan kepada 6 pemuda Palestina dari kota Beit Kahel di Hebron, termasuk seorang wanita dan menyita kendaraan milik salah satu korban penangkapan.

Tak hanya melakukan pengeledahan dan penangkapan, pasukan penjajah Israel juga kembali melakukan penutupan dan pemblokadean di Masjid Ibrahimi Hebron wilayah Selatan Tepi Barat yang juga merupakan wilayah jajahan Israel bagi para Jamaah Masjid dan memberikan kesempatan kepada para pemukim ilegal Israel untuk kembali menggelar ritual Talmud di dalam Masjid.

Dengan kembalinya dilakukan penutupan Masjid Ibrahimi, pasukan penjajah Israel mengizinkan kepada para pemukim ilegal Israel untuk mendirikan tenda di halaman luar masjid serta mengizinkan untuk melakukan doa serta ritual di kawasan Masjid. Jamaah Masjid pun tidak tinggal diam untuk melakukan perlawanan, namun para pemukim Israel tersebut menghalngi pergerakan warga Palestina dan menghentikan serta memeriksa kendaraan-kendaraan di pintu masuk memasukan wilayah Hebron.

Dalam konteks lain sejumlah pemukim ilegal Israel juga melakukan penyerbuan ke wilayah Purbakala Masudiyah yang berada di desa Barqiyah yang merupakan jalan diantara Nablus dan Jenis. Selain melakukan penyerangan, puluhan pemukim ilegal Israel juga menggelar latihan militer dengan kawalan ketat dari tentara Israel. Pun dengan kejadian sabtu dini hari, dimana pasukan penjajah Israel mengaku telah membunuh empat warga Palestina di sebelah timur Deir Al-Balah melalu tembakan dari pesawat tempur Israel yang menyerang lokasi keempat warga Palestina tersebut (damaiaqshafoundation/ym).

Sumber : Melayu Palinfo, Suara Palestina News Agency

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *